Cara Mengetahui Posisi Ranking Artikel di SERP google.co.id

Cara mengetahui posisi rangking artikel di SERP google.co.id

Pagi-pagi sekali aku berkunjung ke halaman SERP Checker dengan maksud mencek ranking artikel. Anda juga boleh berkunjung kesana, free.

Di halaman SERP Checker aku bermaksud ingin melihat dan mengetahui posisi rangking artikel dihasil penelusuran Google yang semalam gres dipublikasikan.

Di halaman SERP Checker ada beberapa kotak formulir isian untuk cek ranking artikel, diantaranya:
  • Domain Name:
    Saya isi dengan alamat blog yang akan dicek ranking artikel nya di SERP Google.

  • Region:
    Di kotak Region ini aku memilih google.co.id untuk mengetahui ranking artikel wilayah pencarian Indonesia. Anda juga boleh memilih google.com untuk cek ranking artikel wilayah pencarian Internasional.

  • Compitition Domains:
    Pada pengisian kotak Competitor Domain ini aku abaikan saja alasannya ialah aku merasa tidak punya tentangan dalam merebutkan ranking artikel di SERP Google.
    Namun jikalau Anda mau, isikan saja URL blog/website tentangan Anda, biar kita tau sejauh mana ranking artikel tentangan Anda itu.

  • Keywords and SERP results
    Nah, di menu ini aku masukkan kata kunci artikel yang akan di cek ranking artikelnya kedalam kotak Keywords and SERP Result.
    Ini ia kata kunci yang akan dicek ranking artikelnya: Cara Membuat Tabel HTML.
    Di pengisian kata kunci ini juga, Anda boleh mengisi beberapa keyword artikel yang akan dicek ranking artikelnya sekaligus kedalam kotak-kotak yang tersedia.

  • Check all Keywords

    Langkah terakhir untuk mengetahui ranking artikel di SERP Google pencet goresan pena Check all Keywords
Sambil menunggu munculnya hasil ranking artikel dihasil pencarian Google, entah mengapa ada perasaan yang tak menentu, apalagi setelah mengetahui hasil cek ranking artikel di SERP Google telah nampak didepan mata, aku melihat ada deretan posisi URL artikel yang dicetak dengan warna hitam.
  • Posisi 1
    berharap artikel aku berada di halaman pertama Google, eh, malah di isi oleh ranking artikel... bisa jadi ranking artikel Anda.

  • Urutan 2
    di isi oleh ranking artikel orang lain.

  • Peringkat 3
    di isi oleh ranking artikel... salah satunya mungkin ranking artikel Anda juga.

  • Pada posisi dan peringkat 4, 5, 6, dan seterusnya
    di isi oleh ranking artikel orang lain juga (sedih).
Namun alangkah terkejutnya saya, pada ranking artikel ke 10 dibawahnya ada alamat artikel aku -untuk-posting-blog-anda.html yang dicetak dengan warna biru.

Seperti mendapatkan surat cinta dari SERP Checker.

Dengan perasaan yang semakin berdebar-debar.

Saya mulai melirik pada urutan angka yang menyertai posisi ranking artikel di SERP Google.

Dan hasil urutan posisi ranking artikelnya adalah...





Alamakkk...







Posisi ranking artikel page one (halaman 1-dalam hati).

Ternyata ranking artikel tersebut 147.

Ada lagi yang aku cek ranking artikel aku yang baru-baru ini dibuat, yaitu Bulan 7 Tahun 2017 di SERP Google dengan kata kunci utama Cara submit sitemap atau peta situs ke Google

Hasil posisi ranking artikel tersebut di pencarian Google berada diposisi 10 besar. Maunya.

Nah, semua artikel diatas yang aku cek posisi ranking artikelnya di SERP Google menggunakan kata kunci utama dan karenanya sungguh menyedihkan. Lalu bagaimana dengan nasib kata kunci turunanya? pasti karenanya lebih menyedihkan lagi di pencarian Google. Kalau sudah begitu harapan mendapat pengunjung alami atau organik yang berasal dari mesin pencari bakalan pupus bersama tenggelamnya ranking artikel dihalaman Google kesekian.

Beberapa fungsi dari mencek posisi ranking artikel di hasil pencarian Google, tujuanya ialah biar kita tau seberapa berhasil artikel yang kita buat bisa bersaing mendapat posisi page one dihasil pencarian Google.

Dengan mengetahui posisi ranking artikel dihasil pencarian Google maka, kita akan berusaha untuk memperbaiki kualitas artikel yang kita buat, baik artikel berkualitas untuk mesin pencari (SEO) maupun berkualitas dimata pembaca.

Kesimpulan: Bumi itu berputar. Dan siapa membuat artikel berkualitas, lambat laun posisi ranking artikel akan menduduki peringkat page one di hasil pencarian Google. Setuju ?