Home » » Mengatasi Kesalahan HTTP Error 404 Halaman tidak ditemukan

Mengatasi Kesalahan HTTP Error 404 Halaman tidak ditemukan

Mengatasi Kesalahan HTTP 404 Halaman tidak ditemukan

Artikel ini akan membahas secara lengkap ihwal cara mudah mengatasi kesalahan HTTP error 404 yang terjadi pada halaman blog atau website.

Dan juga akan membahas penyebab-penyebab timbulnya kesalahan HTTP404 tidak ditemukan pada halaman blog sepanjang aku tau dan alami saja.

Dan hal lain yang menyangkut HTTP error 404 yang belum diketahui akan menjadi pekerjaan rumah (PR) selanjutnya.

Keberadaan HTTP error 404 tidak ditemukan yang terjadi pada sebuah blog atau website tentu ada penyebabnya.

Biasanya penyebab kesalahan HTTP error itu datang dari kelalaian kita sendiri dan mampu juga oleh orang lain yang tidak sengaja.

Dibawah ini akan aku tampilkan beberapa penyebab timbulnya kesalahan HTTP 404 not foumd yang terjadi pada halaman blog. Yaitu:

  1. Menghapus artikel
  2. Menghapus komentar
  3. Mengganti judul artikel
  4. Mengganti permalink
  5. Server sedang down (Server dalam perbaikan).
  6. Salah membuat link/tautan
Nah, yang diatas termasuk beberapa penyebab timbulnya pesan peringatan HTTP error 404 page not found.

Untuk menghapus atau mengatasi HTTP error 404 yang disebabkan oleh penyebab no 1 hingga 4 bersama-sama tidak perlu memaksakan diri.

HTTP 404 error atau halaman tidak ditemukan pada penyebab 1 hingga 4 ialah HTTP error yang terjadi hanya tinggal cache nya saja.

Sebab, walaupun kita tidak melaksanakan apa-apa! Itu penyebab HTTP error 404 dari no 1 hingga 4 lambat laun juga akan hilang dengan sendirinya.

Akantetapi, seandainya kita membiarkan HTTP error 404 dari penyebab no 1 hingga 4 apakah akan berdampak negatif pada reputasi blog kita dimata pengunjung ?

Inilah yang disebut HTTP error 404 ditandai saat ada pengunjung yang kebetulan mengklik judul artikel yang telah kita hapus yang muncul di hasil pencarian Goole dan yang didapat oleh pengunjung tersebut ternyata hanya menerima pesan kesalahan HTTP error 404. Tentu ini akan menyebabkan sedikit kekecewaan bagi pengunjung terhadap blog kita.

Untuk mengatasi atau menghapus pesan HTTP error 404 yang di sebabkan oleh no 1 hingga 4 supaya tidak muncul lagi di mesin pencari Google mari simak kiat atau cara mudahnya dibawah.

Namun terlebih dulu perlu dicatat bahwa tak ada jaminan HTTP error 404 akan benar-benar hilang atau terhapus di hasil pencarian Google.

Dan seandainya HTTP error 404 terhapus atau hilang di hasil pencarian Google pun tidak ada jaminan pula bahwa HTTP error 404 tidak akan muncul kembali selama 90 hari kedepan.

Ini hanya perjuangan untuk menghapus atau menghilangkan HTTP error yang terjadi di blog.

Dan biasanya yang pernah aku alami untuk menghilangkan atau menghapus HTTP error 404 dengan cara yang akan dibahas dibawah ini cukup berhasil.

Ok, pribadi saja bagaimana cara mengatasi kesalahan HTTP error 404.

Namun terlebih dulu pastikan bahwa blog Anda telah terverifikasi dan men-submit peta situs blog di Google webmasters tools, dan bagi yang belum tau caranya silahkan ikuti panduan dibawah ini:

Cara Verifikasi Blog ke Google webmaster tool

Cara mengirim peta situs (sitemap) ke Google webmaster tool

Mari kita lanjutkan untuk menghapus HTTP error 404 halaman tidak ditemukan.

Pertama masuk ke:


Google webmasters tools

kemudian klik:

  • Perayapan
  • Kesalahan perayapan


Dihalaman kesalahan perayapan ini silahkan terlebih dulu unduh semua link HTTP error 404 yang terjadi pada blog.

Berikutnya ceklist semua kesalahan URL yang tertera disitu, biar lebih cepat ceklist pada adegan kotak prioritas maka semua kesalahan URL otomatis akan ter-ceklist semuanya. Setelah itu silahkan klik:

  • TANDAI SEBAGAI TELAH DIPERBAIKI
  • Oke
Pada tahap selanjutnya untuk menghapus kesalahan HHTP eror 404, silahkan cari tulisan:

  • Google indek
  • Hapus URL
  • Sembunyikan sementara


Dihalaman ini silahkan masukkan satu link HTTP error 404 yang tadi Anda unduh kedalam kotak teks yang tersedia, kemudian klik:

  • Teruskan
  • Kirim permintaan

  • Sampai disini cara menghapus atau mengatasi kesalahan HTTP error 404 halaman tidak ditemukan yang disebabkan no 1 hingga 4 sudah selesai.

    Dan HTTP error 404 yang disebabkan karena no 5 yaitu Server Down (misal, Blogger dalam masa perbaikan) itu ialah diluar ranah kita, diluar wilayah kita.

    Yang terakhir ialah bagaimana cara menghapus atau memperbaiki HTTP error 404 halaman tidak ditemukan karena penyebab no 6, yaitu Salah membuat link atau tautan yang mengarah ke halaman lain.

    Salah membuat link atau tautan tidak mampu hanya menghapusnya di Google webmaster tool saja, karena salah membuat link atau tautan ada bentuk akarnya (fisik) di blog. Makara kita harus menghapus dan menghilangkan pribadi di blog.

    Akan tetapi sering kali kita tidak tau dimana letak kesalahan link tautan ruksak di blog kita sendiri.

    Namun Anda tak perlu kuatir karena ada sebuah tool pencari link HTTP error 404 atau tautan rusak yang terjadi pada blog, yaitu dengan tool:


    Link Checker

    Nah, dengan tool ini Anda dapat memeriksa semua kesalahan HTTP error 404 yang terjadi pada blog dengan mudah dan cepat.

    Caranya, silahkan Anda masuk ke link checker diatas, kemudian masukkan alamat blog atau website Anda kedalam kotak teks yang tersedia, setelah itu klik Find Broken Links Now! maka akan ditunjukan semua kesalahan HTTP error 404 yang terjadi pada blog Anda.

    Selanjutnya silahkan perbaiki atau hapus HTTP error 404 di blog Anda.

    Untuk mengetahui lebih terang bagaimana cara menggunakan link checker semoga mampu digunakan untuk mengecek semua letak kesalahan HTTP error 404 yang ada di blog, baca selengkapnya di: Cara memperbaiki broken link di blog, HTTP error 404

    Entri Populer

    Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.