BBM vs WhatsApp, Mana Yang Lebih Baik Untuk Bisnis?

Layanan messenger di era smartphone saat ini masih didominasi dengan beberapa nama populer, diantaranya adalah WhatsApp, BlackBerry Messenger, Line, WeChat, Kakao Talk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun khususnya di Indonesia hanya dua nama yang masih menjadi favorit dan cukup populer, yakni BBM dan WhatsApp. Tentu ada alasan mengapa kebanyakan orang masih mempergunakan layanan tersebut, padahal sudah banyak layanan messenger lain yang mungkin menawarkan fitur lebih canggih atau lebih unik.

BBM yang dulu hanya dapat digunakan pada ponsel BB, sudah diporting ke platform lain seperti Android. Sedangkan WhatsApp sudah lebih dulu kompatibel dengan banyak sistem operasi mobile.

Nah, yang menjadi pertanyaan, mana yang lebih baik dan lebih unggul antara BBM dengan WhatsApp. Ketika kita sedang aktif dalam kegiatan pemasaran atau bisnis online, mana yang dianggap lebih memudahkan dan lebih efektif digunakan? Berikut kami ulas tentang keduanya:

BBM ketat dengan privasi, WhatsApp lebih bebas

Apakah Anda mengutamakan privasi? Maka gunakanlah BBM. Ya, layanan messenger ini memang sangat terkenal dengan penggunaan kode pin unik untuk penambahan kontak, atau alternatifnya menggunakan bar code. Tidak akan ada kontak BBM lain yang dapat berkomunikasi dengan Anda sebelum saling menambahkan dan menerima. WhatsApp masih memanfaatkan nomor ponsel yang menjaid penghubung.

Mekanisme invitation yang didasarkan nomor telepon membuat seseorang bisa langsung mengirim pesan ke pengguna lain  tanpa harus mengirim "undangan" serta menunggu persetujuan lebih dulu. Untuk kegiatan bisnis sepertinya ada kelebihan dan kekurangannya. WA memungkinkan orang bertanya lebih cepat tanpa harus menginvite.

Recent Update BBM seperti Beranda


Recent Update menjadi fitur yang cukup penting dan familiar, sangat mendukung untuk aktivitas bisnis. Anda dapat mempergunakannya seperti Anda mempergunakan Beranda Facebook.

Pada RU menjadi pemberitahuan tentang apa yang telah diganti, mulai dari Privatae Messege dan Display Picture. Tentu Anda bisa memanfaatkannya untuk posting promosi produk. WA memang memiliki fitur pasang status, namun tidak menyediakan semacam RU atau Beranda.

R, D dan centang

Fitur yang sangat terkenal dari BBM adalah status pengiriman pesan. D yang berarti Delivered, R berarti Read dan Centang yang berarti belum terkirim. WhatsApp memang memiliki fitur keterangan semacam ini, namun bukan dengan simbol huruf dan kurang begitu populer.

WhatsApp cepat mengirim berkas

Beberapa kali orang mengeluhkan soal sulitnya mengirimkan berkas lewat BBM, apalagi jika itu berupa file video dengan kapasitas lebih dari 5 MB. Kebanyakan pengiriman gagal alias tidak dapat di unduh. Berbeda dengan WhatsApp yang memberikan layanan super cepat dalam hal pengiriman berkas.

Selain itu berkas yang terkirim juga lebih terjaga kualitasnya. Pada pengiriman gambar via BBM banyak yang mengeluhkan bahwa gambar ternyata berkurang kualitasnya. Cocok bagi Anda yang sering membutuhkan messenger untuk mengirim berkas, foto produk, dan hal lain yang berhubungan dengan bisnis.

Kontak WhatsApp lebih lega

BBM yang ada pada ponsel BB spesifikasi rendah sering dikeluhkan kinerjanya, khususnya saat kontak yang ada sudah banyak dengan jumlah ratusan. Ratusan dianggap sudah banyak? Kemudian menurut beberapa sumber maksimal kontak BBM pada platform Android dibatasi sampai 2000 saja.

Berbeda dengan WhatsApp yang lebih lega karena kontak bisa mencapai ribuan, selama memori penyimpanan kontak Telepon masih mampu menyimpannya. Jadi untuk menyimpan kontak klien-klien Anda sekiranya menjadi cukup mudah.

Pilih WhatsApp atau BBM


Kami menyarankan Anda mempergunakan keduanya karena masing-masing aplikasi memiliki keunggulan tersendiri. Pemanfaatan BBM unggul pada bagian Recent Update yang menjadi seperti Beranda, cocok untuk posting promosi produk dan share gambar namun bukan direct. Kemudian fitur Broadcast atau Pesan Siaran juga menjadi faktor pendukung keunggulan BBM.

Namun untuk urusan kirim mengiriman berkas serta kecepatan pesan WhatsApp lebih unggul. Ketika mempromosikan pada media sosial kemungkinan lebih bagus jika Anda menyertakan kedua kontak ini. Anda bisa melihat sendiri klien lebih banyak menggunakan layanan mana.