Cara Meningkatkan Page Rank Sebuah Website/ Blog


Page rank adalah salah satu indikator kualitas sebuah website/blog di internet. Jika website/ blog kamu punya Page Rank (PR) bagus, maka kemungkinan besar konten-konten baru akan lebih mudah mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari. Nah, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan Page Rank Sebuah website/ blog yang bisa kamu lakukan:

1. Membangun konten original

Konten yang original bukan berarti konten yang topiknya belum pernah dibicarakan di internet. Konten original ini adalah konten yang unik dan belum pernah diposting di mana pun di internet, walaupun topiknya sudah banyak dibuat di banyak website.

2. Membangun Backlinks Ke Website

Langkah ini adalah bertujuan untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet. Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan dalam membangun backlinks ke situs kita, diantaranya adalah:

  • Bergabung dengan komunitas tertentu di Forum online dan memasang signature link di sana.
  • Blogwalking, kegiatan memberikan komentar di blog orang lain
  • Guest blogging, menulis artikel untuk blog orang lain yang memperbolehkan kita untuk menambahkan link ke website kita.
  • Submit link artikel blog ke social bookmarking.
  • Dan lain-lain
3. Posting Konten Secara Berkala

Konten adalah hal yang sangat penting bagi sebuah blog. Semakin banyak artikel bermanfaat yang kita posting di blog maka peringkat Alexa website/ blog kita akan semakin baik. Karena itu para blogger harus memperhatikan update artikel di dalam blog mereka.

4. Meningkatkan Jumlah Pengunjung ke Blog

Jumlah pengunjung blog kita adalah salah satu faktor penentu ranking Alexa. Semakin banyak pengunjung blog, maka kemungkinan besar ranking Alexa nya akan semakin baik. Untuk mendapatkan trafik ini kita bisa melakukan optimasi SEO dan juga berbagi konten di media sosial untuk menambah trafik.

5. Memperbaiki Tampilan dan Navigasi Blog

Tampilan dan navigasi blog kita ternyata bisa lho mempengaruhi ranking Alexa. Kenapa? Pengunjung yang suka dengan tampilan website kita dan mudah menavigasi website tersebut, maka kemungkinan besar dia akan semakin betah berlama-lama membuka blog tersebut. Nah semakin lama pengunjung berada di website kita maka efeknya akan bagus. Lamanya pengunjung di blog kita dianggap sebagai indikator bahwa blog tersebut disukai dan bermanfaat.

Nah di atas tadi adalah beberapa cara meningkatkan page rank sebuah blog. Kelihatannya mudah ya untuk dilakukan, jika kita teratur melakukannya maka hasilnya akan maksimal.