5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog



Sekarang ini banyak lho blogger yang punya penghasilan besar dari blognya. Blog yang awalnya untuk tempat menulis catatan tentang minat atau hobby terhadap bidang tertentu ternyata bisa menghasilkan uang yang cukup besar.

Blogger yang kreatif dan bisa mendapatkan banyak visitor biasanya penghasilannya dari blog tersebut cukup besar. Penghasilan dari blog bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta per bulan dan bukan hanya satu atau dua orang saja lho, ada banyak. Lalu, bagaimana cara mereka menghasilkan uang banyak dari blog mereka? Di artikel lain pernah menuliskan tentang cara mendapatkan uang dari internet.

Ini dia beberapa caranya:

1. Menjadi Publisher Google Adsense

Sebagian besar blogger mendapatkan uang dari blognya dengan menjadi publisher Google Adsense. Dengan memasang iklan Adsense di blog mereka, setiap kali ada klik iklan maka publisher akan mendapatkan penghasilan yang besarnya tergantung penawaran si pengiklan.

Walaupun sekarang ini ada banyak sekali perusahaan periklanan PPC seperti Google Adsense, tetap saja Google Adsense menjadi idola bagi para blogger. Kunci keberhasilan menjadi publisher Adsense adalah visitor yang banyak, semakin banyak visitor blog kamu maka peluang penghasilannya akan semakin bear.

2. Menjadi Affiliate Marketing

Beberapa topik blog sangat cocok untuk berbisnis Affiliasi. Misalnya topik tentang teknologi, gadget, komputer, maka bisnis affiliasi yang paling cocok adalah bergabung dengan program affiliate di toko online besar. Untuk market luar yang sangat bagus potensinya bisa bergabung dengan affiliasi Amazon.com, sedangkan untuk market dalam negeri bisa bergabung dengan Lazada.

4. Menjual Space Iklan di Blog

Kadangkala ada saja perusahaan yang mau memasang iklan di blog kamu. Atau kamu bisa juga menawarkan space iklan di blog kamu, tapi pastikan bahwa konten di dalam blog tersebut berkualitas dan trafiknya juga sudah cukup banyak. Jika blog kamu berkualitas kemungkinan besar harga space iklan di blog kamu akan semakin mahal.

5. Menjual Produk Sendiri Lewat Blog

Kalau kamu punya produk sendiri, misalnya ebook, maka kamu bisa menjual ebook ini melalui blog yang kamu buat. Ada cukup banyak blogger lho yang menghasilkan uang dengan menjual keahliannya. Nah kalau kamu punya keahlian di bidang tertentu dan dibutuhkan orang lain, maka kamu bisa menjual ilmu tersebut dalam bentuk ebook.

Di atas tadi adalah 5 cara mendapatkan uang dari blog. Mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat.