Membuat Website Untuk Bisnis Online


Setiap bisnis online pasti harus punya website atau blog untuk memasarkan produk secara online. Oleh karena itu, para pengusaha online seharusnya memiliki sebuah website atau blog. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa membuat website atau blog adalah hal yang sulit. Pada kenyataannya tidak seperti itu, saat ini ada banyak tutorial yang bisa kita pelajari secara online.

Bagi teman-teman yang masih ragu atau masih ingin coba-coba saja, kamu bisa mencoba fasilitas gratis yang ditawarkan oleh beberapa penyedia blog gratisan atau sering disebut dengan Web 2.0 properties. Beberapa diantaranya adalah Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, Blogdetik.com, dan lain-lain. Pilih salah satu yang menurut kamu paling mudah.

Dari antara semua fasilitas blogging gratis tersebut, yang paling terkenal adalah Blogger.com dan WordPress.com. Masing-masing platform ini punya kelebihan, kelebihan blogger adalah, kita bisa membuat beberapa blog dengan menggunakan satu email Google mail, sedangkan di WordPress kita hanya bisa punya satu blog untuk satu email. Kelebihan WordPress adalah tampilannya yang biasanya lebih menarik dibanding Blogger.

Bila kamu kesulitan dalam membuat blog di WordPress dan Blogger, kamu bisa membaca tutorial secara online. Salah satu tutorialnya bisa kamu baca di artikel ini "Cara Membuat Blog Gratis". Tutorial ini dibuat oleh seorang blogger yang cukup terkenal bernama Max Manroe. Selain tutorial cara membuat blog, kamu juga bisa membaca artikel tentang bisnis online di sana. Tapi sayangnya mas Max tidak membuat urutannya secara teratur sehingga agak sulit untuk mengurutkan langkah-langkah untuk memulai bisnis online.

Selain membuat website bisnis, kamu juga harus punya akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Google plus, Instagram, Pinterest, dan lain-lain. Tapi untuk awal-awal kamu fokus aja membuat akun Facebook, Twitter, dan Google plus. Semuanya ini nanti akan sangat membantu perkembangan bisnis online kamu.

Saat ini saya masih dalam proses belajar membangun bisnis online yang baik. Jadi, saya akan coba mengurutkan langkah-langkah yang saya lakukan dalam membangun bisnis online tersebut di blog ini. Mudah-mudahan catatan ini bisa bermanfaat bagi blogger lainnya.